Mengintip Aceh Tempo Doeloe via Konten Digital

Salah satu dampak positif dari era digital yang semakin berkembang adalah kemudahan kita dalam mengakses suatu informasi. Bukan hanya informasi yang paling terkini, data-data dan dokumentasi masa lampau yang telah melalui proses digitalisasi membuka ruang kepada dimensi kini untuk mengintip bahkan meneliti tentang suatu peristiwa dimasa lalu. Walaupun teknologi masa lalu tidak secanggih sekarang, tetapi ada beberapa peristiwa yang masih mampu diabadikan pada saat itu. Teknologi digitalisasi sekarang sangat memungkinkan kita untuk melihat dokumentasi-dokumentasi masa lampau hanya dengan koneksi internet.

Adalah KITLV (The Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde) / Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies sebuah organisasi yang memiliki spesialisasi dalam mengumpulkan informasi dan memajukan penilitian terhadap bekas koloni Belanda tempo dulu dan masa sekarang sejak 1851. Saat ini KITLV memiliki fokus untuk kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Karibia, terutama Suriname, Antiles Belanda dan Aruba. KILTV memiliki ribuan koleksi dokumentasi, mulai dari foto, manuskrip, jurnal, buku-buku dan berbagai macam publikasi lainnya yang berhubungan dengan bekas jajahan Negeri Oranye ini. Semua koleksi ini tersimpan dengan baik di Gedung KILTV yang luas di Leiden Belanda.

KITLV

Gedung KITLV di Leiden
sumber: wikipedia.com

Tempat Peminjaman KITLV sumber:wikipedia.com

Tempat Peminjaman KITLV
sumber:wikipedia.com

Loh jadi kita harus ke Belanda dong kalo mau liat koleksinya? Hehe bagi yang punya rejeki lebih ya silahkan. Bagi kita-kita yang cuma punya modal modem atau wifi-an tetap bisa kok mengakses dokumentasi sejarah di KITLV. Melalui situs resminya di http://www.kitlv.nlΒ  kita dengan mudah dapat mengakses seluruh informasi yang tersimpan di database mereka. Koleksinya ribuan dan sangat lengkap, mulai dari buku digital, jurnal, research publication, foto dan bahkan audio juga ada lho πŸ˜€ . Saya mengenal situs ini awalnya dari teman saya Sarwo Edhie yang kalo boleh saya bilang sangat konsen dan sedikit maniak dengan sejarah, terutama sejarah Eropa. Saat ini beliau juga sedang konsen dan aktif berdiskusi di grup MAPESA. Saya juga ada ikutan gabung disana, tapi cuma sebagai peramai dan pembaca saja, ilmu dan pengetahuan saya tentang sejarah masih sangat kurang πŸ™ .

Dari sekian banyak dokumentasi yang tersimpan di KITLV yang sangat menarik minat saya ya tentu saja dengan koleksi foto-foto tempoe doeloenya yang klasik! . Jika teman-teman berharap foto-foto yang dipublikasikan hanya tentang peperangan, salah besar lho. Banyak sekali foto-foto yang terekam dengan baik dan dapat merangsang khayalan kita semua tentang kondisi suatu daerah pada masa lampau. Cukup dengan mengakses situsnya dan klik tab Image and Music, dan kalian akan digiring ke sebuah digital media library mereka. Gunakan fasilitas Search untuk mencari foto-foto dengan kata kunci tertentu, tersedia juga menu Filter dan Spesified Search.

Tampilan Menu Image and Music

Tampilan Menu Image and Music

Dulu ketika SMP s/d SMA sejarah memiliki tempat khusus dihati saya, walaupun akhirnya saya memilih jurusan IPA. Membayangkan dan memahami peristiwa sejarah merupakan kepuasan tersendiri bagi saya, kadang-kadang ketika membaca suatu peristiwa sejarah saya sampe merinding. Tentu saja dengan adanya visualisasi dalam bentuk foto semakin menambah pengetahuan dan khayalan saya tentang masa lalu plus membuat saya semakin merinding πŸ˜€

Saat ini saya mencoba untuk mencari koleksi foto-foto yang berhubungan dengan kata “Atjeh” . Ohya kalian bebas menentukan keywordnya apa. Tergantung dengan keinginan masing-masing lho ya, dan yang agak sedikit rumit adalah keyword yang dimasukkan sepertinya harus menggunakan kata-kata dalam bahasa Belanda πŸ™ , manfaatkan Google Translate dong πŸ˜€

Berikut beberapa foto-foto koleksi KITLV yang saya unduh menggunakan keyword “Atjeh” , selamat menikmati πŸ˜€

Sebuah lokomotif dan wagon di jembatan kereta api di Aceh

Sebuah lokomotif dan wagon di jembatan kereta api di Aceh

Bebatuan di Krueng Aceh

Bebatuan di Krueng Aceh

Lokomotif Tram Aceh di Aceh

Lokomotif Tram Aceh di Aceh

Kostum bola Klub Aceh di KotaRadja

Kostum bola Klub Aceh di KotaRadja (?)

Jembatan diatas sungai

Jembatan diatas sungai

Monsterkanon, tergeletak di gerbang kraton ke Koetaradja selama Ekspedisi Aceh Kedua

Monsterkanon, tergeletak di gerbang kraton di Koetaradja selama Ekspedisi Aceh Kedua. “sangar πŸ˜€ “

Generaal-Majoor J.L.J.H. Pel in Atjeh

Generaal-Majoor J.L.J.H. Pel in Atjeh

Petugas dari Royal Navy kapal Zr.Ms. uap frigate Zealand, mungkin di lepas pantai Aceh, Aceh selama Ekspedisi kedua

Petugas dari Royal Navy kapal Zr.Ms. uap frigate Zealand, mungkin di lepas pantai Aceh, Aceh selama Ekspedisi kedua

Teukoe Tjhi Panglima Ma'E dan dua menterinya, mungkin untuk Oelèëgle di Bireuen

Teukoe Tjhi Panglima Ma’E dan dua menterinya, mungkin untuk Oelèëgle di Bireuen

Tooankoo Ibrahim (tengah), putra dari Sultan terakhir dari Aceh, Teukoe Moehamad Dawot di Koetaradja

Tooankoo Ibrahim (tengah), putra dari Sultan terakhir dari Aceh, Teukoe Moehamad Dawot di Koetaradja

Seorang Putri di Aceh

Seorang Putri di Aceh

Perempuan Aceh (cakep yak :p )

Perempuan Aceh (cakep yak :p )

*merinding*

Tak hanya menampilkan foto saja, disisi kiri foto juga disertakan deskripsi serta data-data lain seperti tahun pengambilan foto dan nomor arsipnya. Foto juga bisa diedit dengan beberapa filter yang tersedia dan kualitas zoom yang diberikan luar biasa. Seluruh caption diatas sebenarnya dalam bahasa Belanda, namun saya translate dengan beberapa penambahan atau pengurangan seperlunya :D. So, mari mengintip sejarah masa lampau kita melalui dokumentasi digital yang tersedia di KITLV.

Seluruh foto merupakan hak cipta dari KITLV, kecuali beberapa image yang merupakan hasil crop langsung dari website

Salam πŸ™‚

Comments
  1. 4 years ago
  2. 4 years ago
  3. 4 years ago
  4. 4 years ago
  5. 4 years ago
  6. 4 years ago
  7. 4 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: