Makna Ngopi Sudah Bergeser?

“Rep,ngopi yok”

“Rep,dudok yok”

Kalimat diatas terlihat berbeda, tetapi intinya sama aja. Di Aceh, terutama di daerah saya dudok dengan ngopi itu diartikan sebagai kegiatan individu atau berkelompok yang sepakat mengadakan perkumpulan/pengerahan massa untuk mencapai tujuan tertentu di lokasi tertentu #edisi undang-undang :p

Gambar oleh : cikopi.com

Setiap ada ajakan dari teman-teman saya, selalu menggunakan 2 kalimat itu. Dudok(duduk) atau ngopi, dulu sebelum saya memiliki laptop, dan perkembangan laptop gak sepesat sekarang, ngopi itu ya tetap ngopi. Kami rame-rame  janjian disuatu tempat (baca:warkop) buat ngopi, ngobrol ngalur ngidul sampe mampus :p muahaha.. Dulu warkop yang sering kami kunjungi yaitu Romen Cafe kadang – kadang bisa juga kami ngopi di Helsinki atau Dhapu kupi. Kegiatannya? ya ngopi, ngobrol atau ngerumpi haha.. Jika banyak orang mengatakan di Aceh masyarakatnya doyan duduk di warung kopi sambil ngobrol semalam suntuk, saya termasuk salah satu nya haha

Klo ditanya sekarang “ngopi” atau “duduk”, saya tetap luangkan waktu untuk itu, tetapi sekarang berbeda dengan dulu, ngopi sekarang adalah “kegiatan berkumpul untuk mendapatkan secangkir kopi dan segenggam sinyal WiFi”

Yah, entah kapan dimulainya perkembangan koneksi WiFi di warkop-warkop, setau saya kini setiap manusia yang duduk/ngopi di warung kopi/cafe di Banda Aceh, rata-rata bahkan hampir semuanya membawa serta laptop masing-masing, tujuannya jelas.. buat ngenet..

lalu dimana ngobrol-ngobrolnya?

Tetap ada tapi tidak semesra dahulu uwwooouwooo, praktis dengan bergesernya makna dari ngobrol dan ngerumpi itu, kini pemandangan yang terlihat di cafe-cafe itu hanya nank-anak muda yang nongkrong rame-rame atau bahkan sendirian ditemani dengan secangkir laptop dan sebongkah kopi.. Nyaris tidak terdengar suara-suara menggelegar orang yang bertekak, atau gelak ketawa anak-anak muda lagi.. Semuanya diam, memperhatikan laptop. Sesekali terdengar suara menanyakan koneksi yang cenat-cenut.

Begitulah, tradisi ngobrol sambil ngopi sekarang semakin jarang ditemui, sekarang lebih cocok dengan istilah ngenet sambil ngopi.

Jadi,

kalimat “Rep, yok ngopi”

dan “Rep, yok dudok”

artinya “Ajakan untuk berkumpul bersama guna memanfaatkan koneksi gratis dengan modal  1 cangkir kopi dan lain-lain demi mencapai tujuan tertentu atau sekedar penghilang kebosanan”

Selamat malam Rabu..

Kata-kata bijak hari ini :

“Diputar,dijilat trus dicelupin; udah besar jangan jadi penjilat ntar jadi temennya Jin’

Wassalam, yu dadaahh bye bye

 

Teman "ngopi" semalam suntok

Comments
  1. 6 years ago
  2. 6 years ago
  3. 6 years ago
  4. 6 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: