Jalan – Jalan ke AMP

Asphalt Mixing Plant

Dari Om Gugle

Pada masa kerja praktek dulu, saya berkesempatan untuk mengunjungi AMP di Indrapuri milik PT. Tuah Sejati. Kesempatan ini tentu saja tidak saya sia-sia kan. kapan lagi bisa berkunjung ke AMP kalo gak pada saat kerja praktek, penelitian atau bahkan ketika kerja di situ :p . Sebelumnya mungkin pada bingung AMP itu apaan ya? Tempat wisata kah? atau “kawasan wisata kuliner”? 😀 . Disini saya cuba menjelaskeun sedikit :

AMP (Asphalt Mixing Plant) adalah suatu unit mesin atau peralatan yang digunakan untuk memproduksi material campuran antara aspal dengan material agregat batu.Proyek-proyek pembangunan jalan tol perkerasan lentur maupun pelapisan ulang (overlay), umumnya mensyaratkan kontraktor untuk menggunakan asphalt mixing plant untuk produksi material lapis perkerasan seperti asphalt concrete.Penggunaan asphalt mixing plant dimaksudkan untuk memproduksi material campuran perekerasan lentur dengan jumlah yang besar dengan mutu dan keseragaman campuran tetap terjamin (homogen).

Yapp.. Perjalanan kali ini gak jauh-jauh dari bidang yang saya geluti. Sederhana nya, AMP itu adalah pabrik tempat buat aspal-aspal tu, itu tu yang dijalan-jalan keras tu :p. Konfirmasi kepastian keberangkatan kami (waktu itu saya pergi bersama Dana, rekan KP saya) dapatkan pada malam sabtu, konfirmasi kami dapat dari bang Rizky dan bang Fathkur, konsultan pengawas dan kontraktor pada proyek KP kami.

Paginya, dengan bekal seadanya (gak tau mau bawa apa), sedangkan Dana cuma bawa 2 atau 3 choky2 seingat saya -__- . kami bergerak dari kantor menggunakan mobil menuju AMP di kawasan Indrapuri, sedikit naik gunung, dan disuguhi dengan layanan jalan yang buruk. -miris sebenarnya, jalan yang justru menuju AMP ini sangat buruk untuk dilalui. Mungkin karena pengaruh beban truk yang keluar masuk setiap harinya-

Ketika tiba di pabrik, kami meletakkan alat-alat pengujian yang kami bawa tadi ke ruang lab. Lalu saya dan Dana melihat-lihat sekeliling pabrik. Suasana pabrik seperti tidak asing bagi saya, sedikit mirip dengan pabrik stone crusher, cuma bedanya adalah terdapat alat pencampur aspal yang gedenya luar binasa jika di ukur dengan ukuran tubuh saya 😀 . Fasilitas seperti mushalla, kamar kecil, tempat wudhu juga tersedia selain ruang lab dan jembatan timbang. Kami pun diajak bang Rizky menuju ruang control di atas pabrik.

Ada satu hal yang buat saya takjub, ada satu corong raksasa yang mengeluarkan bara api yang sangat besar, kira-kira mirip kamehameha nya Son Goku gitui. “ini kalo buat bakar ikan, 2 detik udah jadi tulang” dalam pikiran saya. Fungsi corong bakar tadi adalah untuk membakar campuran aspal panas. Masuk ke ruang kontrol kami bertemu dengan operator yang mengelola alat-alat AMP ini, suasana didalam ruangan sejuk, ini karena AC model “tempoe doeloe” yang masih layak untuk dijadikan “penghembus” angin kami di atas. Terdapat beberapa panel control dan box-box sirkuit yang keliatan sangat rumit. Dan saya sangat kagum dengan teknologi AMP ini, dimana mereka menggunakan control panel yang terintegrasi dengan sistem komputer, sangat canggih. Sehingga bisa mengurangi kesalahan dalam campuran.

Di ruang, kami mengambil kesempatan untuk bertanya-tanya kepada operator, sekali-kali bang Rizky juga ikut menjelaskan parameter-parameter pada kontrol panel itu. Pemandangan menarik ketika terjadi keharmonisan antara sistem manual dengan otomasi komputer, dalam bayangan saya tadi semua dikerjakan manual dan saya salah. Luar biasa. Setelah kira-kira berada 15 menit diatas, kami memutuskan untuk turun (keadaan suara sangat bising dan penuh debu-debu halus). Dibawah kami mengambil beberapa sampel aspal untuk melakukan uji coba ekstraksi aspal. Di lab sudah menunggu bg Fatkhur. Fungsi uji eksraksi adalah untuk mengetahui gradasi aggregat yang dipakai.

Tidak terasa sudah pukul 17.00 , hampir seharian kami berada di pabrik. Sekarang saatnya pulang, oohh bertemu dengan jalan itu lagi. Yaahh lumayan buat kocok-kocok perut supaya abu-abu pabrik keluar 😀

Berikut saya tampilkan beberapa gambar yang sempat diambil di pabrik. Ntar dibilang “no picture = HOAX” lagi :p

[slideshow]

Follow akun Twitter saya benar – benar tidak dapat menyebabkan kantuk, serangan jantung, impotensi apalagi gangguan kehamilan dan janin -__-” suwerr

Yuk order Laptopper untuk Laptop mu 🙂

Comments
  1. 5 years ago
  2. 2 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *