Cara Mengatasi Error Saat Edit HTML di Blogspot

Bagi teman-teman pengguna blogspot, seperti yang kita ketahui bahwa pihak Blogger sudah mengubah tampilan dashboard Blogger dengan wajah yang baru. Tidak hanya tampilan menu, setting, post, tetapi juga tampilan untuk Edit HTML. Bagi yang suka bereksperimen dengan kode-kode HTML atau script, tampilan baru Edit HTML di blogspot ini terbilang cukup membantu dalam mengedit kode-kodenya. Pertama adalah dihilangkannya tab untuk “expand widget elements” , jadi ketika kita ingin mengedit HTML, seluruh kode sudah ter-expand dan diganti dengan tanda panah untuk expand lebih lanjut didalam kotak edit. Kedua, adanya penambahan fitur angka-angka disebelah kiri kode, mungkin sebagai nomor urut sehingga memudahkan dalam pengeditan.

Namun, saya yang juga mempunyai blog di blogspot akhir-akhir ini menemui sedikit masalah saat akan mengedit HTML, mungkin ada juga teman-teman yang mengalami hal yang sama. Ketika masuk ke menu Edit HTML sering kali kotak kodenya kosong alias blank dan tidak memunculkan satupun kode-kode. Pernah saya tanyakan di forum ABC tentang hal ini, menurut teman-teman disana mungkin masalah koneksi sehingga kode tidak termuat dengan sempurna. Masuk akal dan memang mungkin itu penyebab utamanya menurut saya.

Sampai suatu saat saya menemukan triknya dengan cara yang tidak disengaja πŸ˜€ , karena kesal udah refresh berkali-kali tetap unload, dengan sedikit trik simpel minim sentuhan akhirnya bisa termuat juga :p . Berikut saya share caranya :

Pertama, login ke Dashboard

Menu Dashboard

Menu Dashboard

Lalu pilih Template untuk masuk ke menu Edit HTML

Pilih Edit HTML

Pilih Edit HTML

Dalam keadaan normalnya, seharusnya kita sudah masuk kedalam kotak yang berisi banyak kode-kode, tetapi ….

Zonk!! .. Kosong

Zonk!! .. Kosong

Padahal sudah saya refresh berkali-kali dan menggunakan koneksi yang bagus. Begini caranya agar kodenya bisa loading dengan sempurna :

Ketika tampilan diatas muncul (kotak kosong) , segera tekan tombol Back (kembali ke menu Edit HTML) lalu dengan cepat Klik kembali di Edit HTML , maka begini jadinya :

Taraa...

Taraa…

Kotak Edit HTML termuat dengan sempurna dan silakan berkreasi dengan kode-kode ini πŸ˜€

Trik ini saya temukan dengan tidak sengaja dan merupakan pengalaman pribadi saya. Mungkin kesuksesan trik ini akan berbeda-beda pada teman-teman semua, tetap lah berusaha dan jangan sampai dibanting laptop/PC nya ya πŸ˜€

Bagi yang punya trik yang lain mengenai Cara Mengatasi Error Saat Edit HTML di Blogspot ayo berbagi dikolom komentar πŸ˜€ . Saran, kritik dan laporan bahwa trik ini sukses juga saya tunggu.

Selamat Malam πŸ˜€

Comments
  1. 4 years ago
  2. 4 years ago
  3. 4 years ago
  4. 4 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: